Kerusakan ‘Engine Check Yamaha All New N-Max” Terjadi di Bali

0

OTONIC BALI.COM- Persolan notifikasi engine check yang menyala di spidometer Yamaha, All New N-Max  meskipun motor mati  terjadi juga di pulau Bali.

“Pastinya ada.Tapi, karena budaya konsumen Bali yang langsung datang ke bengkel  resmi bila menemukan  sesuatu yang dianggap tak lasim , semuanya dapat teratasi,” ungkap Larry Asnan Chief  YIMM DDS Bali.

Larry menjelaskan  engine check sebenarnya bukan kerusakan om, itu adalah fungsi indikator menyala saat ada sesuatu yg terjadi dengan motor.Komputer motor mendeteksi keanehan motor dimatikan dengan menurunkan standar samping tanpa mematikan motor

“ Jadi persoalan engine check bertalian dengan kebiasaan salah dari pengendara,” tegas Larry.

Jangan Takut dan Bingung

Larry menegaskan konsumen tidak  perlu takut dan bingung bila ada yang aneh dengan motor. Silahkan segera ke bengkel resmi.Nanti kita cek, analisa dan beri solusi tentang problem motor.

“Yang terpenting harus rutin melakukan perawatan motor di bengkel resmi sesuai anjuran,” imbuh Larry.

Pada beberapa motor, engine check menyala ketika pengguna motor mematikan mesin menggunakan standar samping. Persoalan ini muncul akibat sensor CPS (Crankshaft Position Sensor) yang terlalu sensitif.

Sensor CPS ini membaca pergerakan crank yang tiba-tiba mati/berhenti ketika standar turun, lalu mengirimkan kode error ke ECU sehingga membuat lampu engine check menyala.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here